LAYANAN INFORMASI GEMPABUMI MELALUI EMAIL

 

Informasi gempabumi melalui email merupakan layanan pemberitahuan gratis yang dikirimkan secara otomatis ke email Anda ketika gempabumi terjadi di wilayah Indonesia.
Informasi yang dikirimkan hanya gempabumi dengan magnitude diatas atau sama dengan 5.0 SR. Di dalam email tersebut akan disertai informasi berupa :
  1. Kekuatan gempabumi
  2. Tanggal
  3. Waktu Gempa
  4. Lintang Bujur
  5. Kedalaman
  6. 5 Kota terdekat dengan lokasi gempa
  7. Potensi tsunami atau tidak
  8. Lampiran berkas peta gempa dalam format file JPG
  9. Tediri dalam 2 (dua) bahasa yaitu : Indonesia dan Inggris

CARA BERLANGGANAN / SUBSCRIBE

  1. Kirimkan email ke info.gempa-subscribe@bmkg.go.id dengan subyek / subjectemail : "Subscribe Gempa"
  2. Sistem akan mengirimkan pesan otomatis ke email Anda yang membutuhkan verifikasi dari Anda. Dengan judul : Pesan Otomatis: Membutuhkan verifikasi Anda untuk permintaan berlangganan milis "info.gempa@bmkg.go.id".
  3. Balas/reply Email otomatis dari sistem tanpa harus mengubah alamat tujuan.
  4. Sistem akan mengirimkan pesan dengan judul : Pesan Otomatis: Anda telah berlangganan milis "info.gempa@bmkg.go.id"
  5. Anda telah selesai mendaftarkan email Anda untuk mendapatkan layanan informasi gempabumi ke email Anda.

BERHENTI BERLANGGANAN / UNSUBSCRIBE

  1. Kirimkan email ke info.gempa-unsubscribe@bmkg.go.id dengan subyek / subjectemail : "Unsubscribe Gempa"
  2. Sistem akan mengirimkan pesan otomatis ke email Anda yang membutuhkan verifikasi dari Anda. Dengan judul "Pesan Otomatis: Membutuhkan verifikasi untuk permintaan berhenti berlangganan milis".
  3. Balas/reply Email otomatis dari sistem tanpa harus mengubah alamat tujuan.
  4. Sistem akan mengirimkan pesan dengan judul : Pesan Otomatis: Anda telah berhenti berlangganan
  5. Anda telah selesai berhenti berlangganan layanan informasi gempabumi.
Bantuan
 
Apabila Anda mengalami kesulitan mendaftarkan email Anda, silahkan kirimkan email Anda keinfo.gempa-owners@bmkg.go.id. Kami akan membantu mendaftarkan email Anda.
 

DISCLAIMER

Informasi gempa melalui email disampaikan melalui Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (InaTEWS) adalah informasi gempabumi dengan analisa awal. Tinjauan berikutnya biasanya menghasilkan beberapa revisi data, dan semua pengguna disarankan untuk memeriksa halaman gempabumi BMKG dihttp://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Geofisika/Gempabumi_Terkini.bmkg untuk update. Pengguna data diperingatkan untuk hati-hati mempertimbangkan sifat sementara dari informasi sebelum menggunakannya untuk keputusan yang menyangkut keselamatan pribadi atau publik atau perilaku bisnis yang melibatkan konsekuensi moneter atau operasional yang cukup besar.
Gempa bumi adalah umum terjadi, dari sekian banyak gempabumi, sebagian besar tidak menyebabkan kerusakan walaupun terletak cukup dekat dengan pusat populasi. Email gempabumi tidak mewakili ancaman gempabumi yang akan datang.
Email gempabumi adalah alat informasi yang dikirimkan dengan batasan magnitude lebih besar atau sama dengan 5.0 SR. Walaupun dalam emailnya dicantumkan potensi tsunami, BMKG menyarankan untuk menunggu perintah evakuasi dari Pemerintah Daerah (PEMDA) setempat.
Secara global gempabumi yang besarnya 5.0 SR atau lebih akan didistribusikan dalam kurun waktu 5 menit setelah gempa. Selain itu, pengolahan dan pengiriman email biasanya akan memakan waktu hingga15 menit. BMKG tidak menjamin ketepatan waktu penerimaan email setelah dikirim.
Jika dalam sistem kami menerima pesan error dari akun email Anda, sistem tidak akan menghapus alamat Anda dari daftar mailing list info gempa. Jika itu sering terjadi, maka email Anda akan kami hapus dalam daftar mailing list info gempa. Jika Anda telah memperbaiki alamat email Anda, cukup dengan mendaftarkan kembali alamat email anda ke mailing list info gempa.
Silahkan menangani masalah-masalah yang belum terselesaikan milis ke: info@bmkg.go.id
 

 

 

 

Bagaimana Reaksi Anda setelah Membaca dan Memahami Artikel di atas ?

 

Jangan Sampai Telat, Dapatkan Info Iklim Terbaru, Otomatis Masuk di HP atau Komputer Anda