Prakiraan Curah Hujan Bulan Desember Tahun 2017 di Propinsi Jawa Timur Update dari Analisis Bulan Oktober Tahun 2017

Curah hujan pada bulan Desember 2017 – Februari 2018 di wilayah Jawa Timur diprakirakan sudah di atas150 mm, hal ini seiring dengan memasuki periode musim penghujan

Berdasarkan pantauan, perhitungan serta analisis aktifitas dan dinamika atmosfer sampai dengan dasarian I November 2017 dapat diprakirakan curah hujan pada bulan Desember 2017 sebagai berikut

Tabel Prakiraan Curah Hujan Bulan Desember 2017

 

Curah Hujan
Kabupaten / Bagian dari Kabupaten
101 – 150 mm

Diprakirakan terjadi di sebagian kecil Kabupaten Situbondo

151 – 200 mm Diprakirakan terjadi di sebagian kecil kabupaten/kota meliputi: Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Jember, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.
201 – 300 mm   Diprakirakan terjadi di sebagian kecil kabupaten/kota meliputi: Ponorogo, Trenggalek, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo, Pasuruan, Jombang, Kediri, Nganjuk, Madiun, Magetan, dan Sampang.
Diprakirakan terjadi di sebagian besar kabupaten/kota meliputi: Tulungagung, Mojokerto, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, dan Bangkalan.
Diprakirakan terjadi di sebagian besar Kabupaten Pamekasan dan Sumenep serta di seluruh Pulau Kangean.
301 – 400 mm Diprakirakan terjadi di sebagian kecil kabupaten/kota meliputi: Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Nganjuk, Magetan, Ngawi, Bojonegoro, Lamongan, Tuban, Gresik, Sidoarjo, Bangkalan, dan Sampang.
Diprakirakan terjadi di sebagian Kabupaten/Kota Mojokerto dan Jombang.
Diprakirakan terjadi di sebagian besar kabupaten/kota meliputi: Malang, Lumajang, Jember, dan Pasuruan serta di seluruh Kota Surabaya.
401 – 500 mm Diprakirakan terjadi di sebagian kecil kabupaten/kota meliputi: Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Pasuruan, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo, Mojokerto, Kediri, Nganjuk, Madiun, Magetan, Kediri, Blitar, dan Probolinggo, serta di seluruh Pulau Bawean.

 Prakiraan jumlah curah hujan bulan Desember 2017 daerah Jawa Timur berkisar antara 150 – 611 mm.

 Tabel Prakiraan Curah Hujan Bulan Desember Tahun 2017 di Propinsi Jawa Timur Update dari Analisis Bulan Oktober Tahun 2017