(Prakiraan - Bulanan) Indeks Kekeringan dan Kebasahan Meteorologis 3 Bulanan di Provinsi Jawa Timur untuk Bulan DESEMBER Tahun 2020 - JANUARI - FEBRUARI Tahun 2021 Update dari Analisis Bulan Desember Tahun 2020 (Prakiraan - Bulanan) Indeks Kekeringan dan Kebasahan Meteorologis 3 Bulanan di Provinsi Jawa Timur untuk Bulan DESEMBER Tahun 2020 - JANUARI - FEBRUARI Tahun 2021 Update dari Analisis Bulan Desember Tahun 2020

Prakiraan Indeks Kekeringan dan Kebasahan Meteorologis Periode DESEMBER Tahun 2020 - JANUARI - FEBRUARI Tahun 2021 Update dari Analisis Bulan Desember Tahun 2020 dengan kriteria :

Normal 82,7 %

Agak Basah 15,5 %

Basah 1,7 %

Sangat Basah 0,1 %


Indeks Kekeringan dan Kebasahan Meteorologis dihitung menggunakan metode SPI.

SPI adalah indeks yang digunakan untuk menentukan penyimpangan curah hujan terhadap normalnya dalam suatu periode waktu yang panjang (bulanan, dua bulanan, tiga bulanan dst).

Nilai SPI dihitung menggunakan metoda statistik probabilistik distribusi gamma. Berdasarkan nilai SPI ditentukan tingkat kekeringan dan kebasahan dengan kategori sebagai berikut:

a. Tingkat Kekeringan:

  1. Sangat Kering : Jika nilai SPI ≤ -2,00
  2. Kering : Jika nilai SPI -1,50 s/d -1,99
  3. Agak Kering : Jika nilai SPI -1,00 s/d -1,49
  4. Normal : Jika nilai SPI -0,99 s/d 0,99

b. Tingkat Kebasahan:

  1. Sangat Basah : Jika nilai SPI ≥ 2,00
  2. Basah : Jika nilai SPI 1,50 s/d 1,99
  3. Agak Basah : Jika nilai SPI 1,00 s/d 1,49

Kekeringan Meteorologis adalah berkurangnya curah hujan dari keadaan normalnya dalam jangka waktu yang panjang (bulanan, dua bulanan, tiga bulanan dan seterusnya).

Curah Hujan Tiga Bulanan adalah jumlah curah hujan selama tiga bulan, yang digunakan sebagai dasar untuk menghitung nilai SPI.


Prakiraan 3 (tiga) bulanan periode DESEMBER Tahun 2020 - JANUARI - FEBRUARI Tahun 2021 Update dari Analisis Bulan Desember Tahun 2020 menggunakan data Indeks SPI untuk akumulasi curah hujan Bulan Desember 2020 dan data prakiraan curah hujan bulan JANUARI - FEBRUARI Tahun 2021

Berikut prakiraan indeks kekeringan dengan metode SPI bulan DESEMBER Tahun 2020 - JANUARI - FEBRUARI Tahun 2021 Update dari Analisis Bulan Desember Tahun 2020 adalah sebagai berikut:







KRITERIA KABUPATEN / BAGIAN DARI KABUPATEN
Cari pada kolom di atas ini ⇧
Lalu tekan Enter → di Keyboard
Cari pada kolom di atas ini ⇧
Lalu tekan Enter → di Keyboard
Normal Terjadi di sebagian kecil Surabaya.
Normal Terjadi di sebagian Banyuwangi, Lamongan, Sampang, dan Sumenep.
Normal Terjadi di sebagian besar Bangkalan, Batu, Blitar, Bondowoso, Gresik, Jombang, Kediri, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, Probolinggo, Sidoarjo, dan Tuban.
Normal Terjadi di seluruh Pulau Bawean, Bojonegoro, Jember, Pulau Kangean, Lumajang, Pacitan, Pasuruan, Situbondo, Trenggalek, dan Tulungagung.


Prakiraan indeks kebasahan dengan metode SPI bulan DESEMBER Tahun 2020 - JANUARI - FEBRUARI Tahun 2021 Update dari Analisis Bulan Desember Tahun 2020 adalah sebagai berikut:






KRITERIA KABUPATEN / BAGIAN DARI KABUPATEN
Cari pada kolom di atas ini ⇧
Lalu tekan Enter → di Keyboard
Cari pada kolom di atas ini ⇧
Lalu tekan Enter → di Keyboard
Agak Basah Terjadi di sebagian kecil Bangkalan, Batu, Blitar, Bondowoso, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, Probolinggo, dan Tuban.
Agak Basah Terjadi di sebagian Gresik, Jombang, Lamongan, Magetan, Pamekasan, Sampang, dan Sidoarjo.
Agak Basah Terjadi di sebagian besar Banyuwangi, Sumenep, dan Surabaya.
Basah Terjadi di sebagian kecil Gresik, Kediri, Lamongan, Madiun, Magetan, Malang, Nganjuk, Ponorogo, Sampang, Sidoarjo, Sumenep, dan Surabaya.
Basah Terjadi di sebagian Pamekasan.
Sangat Basah Terjadi di sebagian kecil Lamongan dan Pamekasan.