Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

  • Visi, Misi dan Tujuan BMKG

    VISI BMKG

    Dalam rangka mendukung pelaksanaan visi Presiden maka visi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika 2020-2024 dirumuskan sebagai berikut:

    "BMKG yang berkelas dunia dengan spirit socio ­ entrepreneur untuk mewujudkan lndonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan berkepribadian berlandaskan Gotong-Royong"

    Terminologi di dalam visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

    1. Kelas Dunia, BMKG dalam hal ini menjadi rujukan tingkat regional dan global.

    2. Dimana informasi BMKG menjadi rujukan masyarakat intemasional, SDM BMKG berperan aktif dalam organisasi MKG Internasional dan menjadi Regional Modelling Centre.

    3. Socio-Entrepreneur dimaksudkan BMKG dalam menjalankan bisnis pelayanan MKG tidak hanya sekedar melakukan pelayarian informasi untuk publik dan berbagai sektor antara lain sektor transportasi, pariwisata, pertahanan dan keamanan, pertanian dan kehutanan, sumber daya air, energi dan pertambangan, penanggulangan bencana, namun juga memproduksi informasi premium untuk kesejateraan masyarakat menuju penguatan kemandirian keuangan BMKG.


    MISI BMKG

    BMKG melaksanakan misi Presiden dan Wakil Presiden nomor 1 (Peningkatan Kualitas Manusia Indonesia), Nomor 4 (Mencapai Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan), dan Nomor 7 (Perlindungan bagi Segenap Bangsa dan Memberikan Rasa Aman pada Seluruh Warga), dengan uraian sebagai berikut:

    1. Menjadikan informasi BMKG sebagai rujukan masyarakat intemasional dan mewujudkan Regional Modelling Centre;

    2. Mendorong SDM BMKG berperan aktif dalam organisasi MKG Internasional;

    3. Mewujudkan sebagian unit layanan jasa dan informasi BMKG,mejadi unit Badan Layanan Umum (BLU).


    TUJUAN BMKG

    Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2009 tentang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengamanatkan BMKG dalam penyelenggaraan meteorologi, klimatologi, dan geofisika untuk mendukung keselamatan jiwa dan harta, melindungi kepentingan dan potensi nasional, meningkatkan kemandirian bangsa dalam penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, mewujudkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan layanan informasi secara luas, cepat, tepat, akurat dan mudah dipahami, mewujudkan kelestarian lingkungan hidup serta mempererat hubungan antar bangsa melalui kerja sama intemasional.

    Tujuan strategis dalam kurun waktu 5 Tahun kedepan ini merupakan penjabaran dan implementasi dari pemyataan misi yang akan dicapai.

    Untuk merealisasikan visi dan misi, perlu dirumuskan tujuan strategis BMKG 2020-2024 yang dapat menggambarkan terlaksana dan tercapainya visi dan misi.

    Rumusan Tujuan BMKG adalah sebagai berikut:

    1. Menjamin terselenggaranya pelayanan informasi dan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika yang cepat, tepat, akurat, luas cakupan dan mudah dipahami untuk keselamatan, kesejahteraan, ketahanan dan berkelanjutan yang menjadi rujukan masyarakat internasional;

    2. Terwujudnya ketangguhan ekonomi dan masyarakat terhadap faktor MKG;

    3. Terwujudnya lembaga dengan tata kelola yang transparan, bersih, akuntabel dan berkualitas, serta mampu mewujudkan layanan premium menuju penguatan kemandirian keuangan BMKG.


    Tabel Keterkaitan Visi, Misi dan Tujuan BMKG


    Visi, Misi dan Tujuan BMKG Visi, Misi dan Tujuan BMKG
  • Struktur Organisasi BMKG



    Struktur Organisasi BMKG Struktur Organisasi BMKG

  • |Analisis - Dasarian| Distribusi Sifat Hujan Dasarian III Juli 2019 di Provinsi Jawa Timur

    Distribusi Sifat Hujan Dasarian III Juli 2019 di Provinsi Jawa Timur pada umumnya dalam kriteria Bawah Normal. Kriteria Atas Normal dan Normal hanya terjadi di sebagian kecil Ponorogo dan Trenggalek.

    |Analisis - Dasarian| Distribusi Sifat Hujan Dasarian III Juli 2019 di Provinsi Jawa Timur
    |Analisis - Dasarian| Distribusi Sifat Hujan Dasarian III Juli 2019 di Provinsi Jawa Timur
  • Analisis Dinamika Atmosfer – Laut - Analisis Dan Prediksi Curah Hujan Update Dasarian I Juni 2018

    Analisis Dinamika Atmosfer – Laut - Analisis Dan Prediksi Curah Hujan Update Dasarian I Juni 2018

     

  • Prakiraan Klimatologi

    Prakiraan Klimatologi